Kamis, 26 November 2009

Astro_ _ _ _

Ada yang bingung dengan judul posting di atas??
Sebenernya gw juga bingung siihhh
Hehehehehehe :P
Gw bingung untuk mengisi 4 huruf yang masih kosong itu.



Jadi, begini awal mulanya...

Pada suatu hari, tepatnya hari Sabtu tanggal 31 Oktober, gw dateng ke sekolah dengan niat awal yang amat sangat luhur sekali, yaitu :
IKUTAN SELEKSI OLIMPIADE

Selama beberapa hari sebelumnya tuh gw udah berdo'a, shalat istikharah [lebay tapi nyata], semedi di air terjun, sampe-sampe gw ga bisa makan saat ngantuk dan ga bisa tidur saat laper, semua itu gw lakukan biar gw bisa nentuin pilihan yang pas tentang mata pelajaran yang bakal gw ikutin buat seleksi olim.

Berdasarkan pengalaman patah hati taun lalu, gw ikutan seleksi olim Matematika, tapi ga lolos karena terlalu banyak saingan dan gw-nya juga emang dodol. Makanya, taun sekarang tuh bener-bener gw pikirin dan renungin tentang mata pelajaran yang bakal gw ikutin.

Sebenernya, taun ini pun gw masih tetep bingung, antara ikutan seleksi olim Matematika lagi, ato gw ikutan seleksi olim Astronomi [biasa disingkat astro]. Tapi kalo gw pikir-pikir lagi, gw ga punya basic yang memadai di keduanya. Gw tertarik ke dua-duanya hanya sebatas hobi aja.

Akhirnya, berdasarkan pengalaman taun lalu, taun ini gw memutuskan buat ikutan seleksi olim astro, karena menurut gw saingannya lebih sedikit.

Dan ternyata, peserta seleksi olim astro yang dateng pas hari-H tuh "cuma" 4 orang [itupun udah termasuk gw]. Berhubung jumlahnya dikit banget, kita akhirnya ditelantarkan sampe ada peserta seleksi olim astro lain yang dateng [soalnya tanggung kalo cuma berempat]. Kita berempet juga sempet takut kalo ternyata seleksi olim astro diundur gara-gara pesertanya terlalu sedikit, soalnya pada males belajar lagi.
Hehehe...

Jadi, kita berempat tuh sempet "ditelantarkan" selama kurang lebih satu jam. Kayaknya ada guru yang kasian juga ngeliat kita berempet nangkring ga jelas kayak gitu. Jadi setelah itu, akhirnya kita-pun masuk ruang kelas buat ngerjain soal seleksinya.

Berhubung kelas-kelas buat seleksi olim tuh udah pada ada banyak penghuninya, akhirnya para peserta seleksi olim astro kebagian duduk di deretan paling kanan.

Ga tau hoki ato sial, gw kebagian duduk di samping jendela yang kebuaka lebaaaaaaaaaaar banget

Berhubung tadi kita sempet ditelantarin selama kurang lebih satu jam, jadinya pas orang-orang lain udah pada selese ngerjain soal seleksi dan siap-siap buat pulang, kita berempat masih harus konsentrasi ngerjain soal-soal.



Saat gw lagi serius ngerjain soal, tiba-tiba, di jendela di samping gw muncul temen sekelas gw yang namanya Eka.
Dan inilah percakapan absurd antara gw dan Eka :

Eka : Dil, lu ikutan seleksi olim apa?
Gw : *sambil bisik-bisik* Astro
Eka : Hah?! Apa ?! Ga kedengeran
Gw : *udah ga bisik-bisik* Astro
Eka : Hah??
Gw : *teriak* Astroo!!!!
[pengawas gw kaget, tapi ga marah, kayaknya dia maklum akan kadar ke-stress-an muridnya]
Eka : Ooooh astro
[sambil nyengir-nyengir tanpa dosa, Eka ngelanjutin ngomong lagi]
Eka : Astronomi ato Astrologi??
Gw : *udah emosi* Sialan luuu!!!! Emangnya gw dukun!


Ga lama kemudian, akhirnya gw selese ngerjain soal, dan ngumpulin lembar jawabannya, walopun sebenernya gw masih memendam hasrat buat nyambit si Eka.


Beberapa hari kemudian ada penumuman yang memberitahukan bahwa seluruh peserta seleksi olimpiade astronomi diloloskan gara-gara cuma berempat.
Walaupun akhirnya gw jadi sering diledek "Astrologi" di kelas gw tercinta sama beberapa temen gw.


Beberapa hari setelah itu, pikiran gw terbuka dan gw menyadari sesuatu.
Dalam bahasa Yunani:
"astro" berarti "bintang"
nomi berasal dari kata "nomos" yang artinya penamaan
logi berasal dari kata "logos" yang artinya pengetahuan/ilmu



Kesimpulannya, yang bener tuh seharusnya olimpiade astrologi, bukan astronomi. Karena "Astrologi" tuh mencakup lebih banyak aspek pembelajaran daripada "Astronomi".


Jadi, untuk melengkapi empat huruf yang belum lengkap di judul posting ini, kalian bisa pilih kata "nomi" atau "logi" sesuai dengan hati nurani dan pendapat kalian sendiri.

1 komentar:

Andika GP mengatakan...

Terus gimana? Dapet jadi olimpiade astro nya??