Sabtu, 21 November 2009

Halo-halo Bandung

Di posting ini gw bukan mau cerita tentang sejarah atau asal-usul lagu Halo-halo Bandung. Di posting ini gw mau cerita tentang kejadian-kejadian yang biasanya aneh yang gw temuin selama di bus saat field trip ke Bandung hari Kamis dan Jum'at tanggal 19 dan 20 November 2009 kemarin.


Jadi, SMANSA ngadain acara field trip ke Bandung yang pesertanya tuh anak-anak kelas XI + anak-anak akselerasi.

Kegiatan selama di Bandung tuh kurang-lebih kayak gini :
- Mengunjungi Museum Geologi
- Mengunjungi Bosscha
- Mengunjungi tempat Inseminasi Buatan
- Jalan-jalan & belanja di Paris van Java
- Bermalam di Daarut Tauhid
- Mengunjungi ITB
- Jalan-jalan & belanja di Cihampelas
[data di atas gw tulis berurutan berdasarkan kejadian yang gw alami]


Berhubung jarak Bogor-Bandung itu kurang lebih 140 km kalo lewat Tol Cipularang atau 120 km kalo lewat puncak. Udah pasti waktu-waktu perjalanan di bus adalah waktu-waktu ter-ngaco yang bakal ada.


Gw naik bus 2 bersama-sama anak kelas XI IPA 4 [which mean, mereka temen sekelas gw dari sejak di X-5] dan beberapa anak kelas XI IPA 1. Berhubung kelas gw ga dipisah sejak kelas X, jadinya anak-anak kelas gw udah ga ada jaim-jaimnya di bus, dan seluruhnya menggila bersama tanpa terkecuali.

Malahan, beberapa anak XI IPA 1 yang gw tanya tentang perasaannya selama di bus 2 banyak yang ga nyangka kalo anak-anak kelas gw ternyata juga bisa gila.



Selama hari pertama di bus, gw duduk di kursi yang buat tiga orang bersama dua temen gw, yaitu Nechan dan Onya. Hanya dalam hari pertama, gw udah ngerasain duduk di ketiga tempat yang memungkinkan untuk gw duduki yaitu di pojok [deket jendela], di tengah, dan di pinggir [deket lorong tempat orang bolak-balik]


Tapi, pas hari kedua, gw ga duduk ama Nechan [tapi tetep duduk sama Onya] gara-gara ternyata pas malem-malem tuh Nechan bikin Perjanjian Daarut Tauhid yang merupakan saingannya Perjanjian Linggarjati sama Bani yang isinya tentang pertukaran posisi duduk antara Nechan dan Bani.


Gw sempet bingung, kenapa Nechan pake acara tukeran duduk ama Bani?? Trus gw menerawang dan mengingat-ingat.

Jadi, gini ceritanya. Waktu hari pertama, Bani duduk sama dua anak DKM, cewek kerudungan, yang amat sangat berusaha untuk selalu menjaga hijab (batas antara cowok-cewek). Gw juga duduk sama dua anak DKM kerudungan [Nechan ama Onya yang tadi sempet gw ceritain] soalnya, gini-gini gw juga anak DKM

Kalo mau dibandingin dan dideskripsiin, kadar ke-DKM-annya bakal kayak gini :
Temen Sebangku Bani 1 : DKM expert dan DH DKM
Temen Sebangku Bani 2 : DKm expert dan rohis OSIS
Nechan : DKM semi-expert
Onya : DKM biasa aja
Gw : DKM begajulan
Bani : bukan anak DKM


Dari uraian di atas yang semakin memperburuk nama baik gw tadi, bisa disimpulkan bahwa kedua temen sebangku Bani tadi rada risih gara-gara duduknya ama cowok. Makanya, Nechan tukeran duduk sama Bani biar semuanya bisa pada tenang, rileks, dan bernafas lega.



Selama di bus, ada tiga kosakata baru walopun ga baru-baru banget yang sering banget diucapin sama anak-anak kelas gw, khususnya anak-anak cowok.

Kata pertama adalah Jablas. Jablas merupakan kependekan dari "jarang dibalas" atau "jarang membalas" yang berkaitan dengan sms. Jadi kalo ada orang yang sering ga bales sms ato ada orang yang nge-sms tapi ga dibales-bales sama orang yang diajak sms-an, orang itu namanya jablas.

Kata kedua adalah son. Son merupakan saingan dari kata "sotoy" yang merupakan kependekan dari "sok nyaho" yaitu bahasa Sunda-nya dari sok tau. Kota Bandung yang merupakan ibukota Jawa Barat sepertinya menginspirasi anak-anak cowok kelas gw untuk ngebuat kosakata baru ini.

Kata ketiga adalah curhat. Curhat di sini bukan merupakan kependekan dari curahan hati, tapi merupakan kependekan dari "curahan hajat", yang maksudnya kebelet boker.



Abis itu, keanehan lain yang ada di bus gw adalah sebuah DVD bajakan yang diputar dan ternyata lagu-lagunya jadul parah. Saking jadulnya, gw sempet yakin bahwa bokap & nyokap gw pun ga bakalan tau itu lagu apa.



Masih banyak kejadian-kejadian aneh lain di bus 2, seperti :
~ Sendal ilang, ada yang ilang sepasang, ada juga yang cuma ilang sebelah
~ Air yang netes dari langit-langit bus padahal hujannya udah selese dan ga ada jendela yang dibuka
~ Pematenan gaya joged andalan salah satu temen sekelas gw, yang gerakannya mirip orang keramas
~ Foto-foto ampe hampir pada nyusruk



Sebenernya masih ada kejadian ga jelas lainnya, tapi ga gw ceritain demi menjaga nama baik orang yang bersangkutan dan sebenernya gw juga males nulisnya...
Hehehe...

Tidak ada komentar: