Jumat, 19 Maret 2010

Astronomi dan Nama Anak

Kalo ada yang bertanya "apa hubungannya antara astronomi dan nama anak?" setelah melihat judul post di atas, gw bakalan jawab "Banyak".

Izinkan gw menceritakan sebuah pengalaman gokil gw mengenai astronomi dan hubungannya dengan nama anak.

Pada suatu sore di hari Sabtu, gw dan Agung sedang mendapat pelatihan astro dari A' Elfan di ruang kelas XI IPA 2. Gw dan Agung telah diberi instruksi untuk mengerjakan soal-soal latihan. Dari 30 beberapa soal latihan yang diberikan, ada salah satu soal yang berbunyi :
Para astronom menemukan di seluruh galaksi Bimasakti terdapat 220 buah sisa Supernova (SN). Diketahui bahwa di Bimasakti setiap abad terjadi 2 SN. Berapa umur galaksi Bimasakti berdasarkan sisa SN yang ditemukan? Apabila sisa umur galaksai Bimasakti adalah 10 milyar tahun, berapakah seharusnya sisa SN yang bisa ditemukan? Berapakah sisa SN yang belum ditemukan?

Nah, di post ini gw ga bermaksud menjawab soal tersebut, gw hanya mau mengungkapkan bahwa soal tersebut cukup untuk membuat gw, Agung, dan A' Elfan menjadi out of topic pada hari itu.

Hanya tambahan informasi, pada obrolan yang out of topic itu, gw lebih banyak berperan menjadi orang yang cuma ketawa.


Kurang lebih ini adalah percakapan yang terjadi pada saat itu :

Agung : A', SN tuh apaan sih ?

Gw & A' Elfan : Sakaliiii, itu ada di soalnya, baca yang di atas-atas

Agung : Ooooh, Supernova. Wuiiih, keren tuh kalo nama anak Agung nanti Supernova

---beberapa saat berlalu dengan hening tanpa obrolan---

Tiba-tiba...

Agung : Dil, A', nanti Agung kalo udah gede mau jadi snipper ah. Kan keren tuh kalo ada temen anak Agung nanya ke anak Agung 'Eh, bokap lu kerjanya apaan?' trus anak Agung jawab 'Snipper' beuh, keren tuh..

--lalu kita bertiga pun ketawa-ketawa gaje--

Agung : Oiya, kan nama-nama satelit dan benda langit pada bagus tuh, nanti Agung namain anak Miranda aja atau Titania

Gw : Nanti gw kalo punya anak cowok, mau gw kasih nama Antares

Agung : Bagus tuh Dil. Kan masih banyak nama satelit yang bagus-bagus, Ariel, Europa, Triton...

A' Elfan : Gung, nanti lu punya anak kasih nama Phobos aja, biar temen-temennya nanti manggilnya 'Bos.. Bos..'

Saat A' Elfan mengucapkan kalimat itu, gw dan Agung langsung ngakak lama banget. Gw aja sampe keluar air mata segala.

Sudah selesai sodara-sodara??
Ternyata belum.

A' Elfan : Atau enggak, nanti nama anak lu Phoebe aja Gung, jadinya dipanggil 'Be' ama temen-temennya



Pendapat dari gw :
"Sah-sah aja nyari referensi nama anak dari nama-nama benda langit. Tapi gw punya usul salah satu alternatif lain dalam mencari nama anak, yaitu BUKU TELEPON. Karena di situ terdapat banyak nama"



--Saran yang ngaco, jangan diikutin--

Tidak ada komentar: