Jumat, 28 Mei 2010

Refleks

Sudah beberapa minggu terakhir ini gw mengalami tekanan mental dan batin yang cukup keras. Hal itu mengakibatkan gw menangis di sebuah sore, padahal hanya dipicu dengan 'sedikit' perkataan yang seharusnya tidak membuat gw menangis. Jika saja gurauan itu diucapkan tiga bulan yang lalu, sepertinya gw ga bakal nyampe nangis.

Setiap kali mental dan batin gw dipenuhi oleh tekanan-tekanan tersebut, entah mengapa, gw ga bisa menjelaskan pake bahasa yang logis dan ilmiah, lisan gw akan refleks mengucapkan sesuatu, yaitu :
"Laa yukallifullahu nafsan illaa wus'ahaa.."
Hal tersebut gw ucapkan berulang-ulang. Secara refleks.

Bahkan, terkadang lisan gw secara refleks mengucap ayat itu hingga selesai. Seinget gw, itu adalah penggalan di awal ayat ke-286 surat Al-Baqarah.

Sampai pada hari ini, gw sedang membuka buku MOA (Menuju Olimpiade Astronomi) dan tidak kunjung memahami mengenai spektroskopi bintang, kembali lisan gw menggumamkan penggalan ayat itu berulang kali, bahkan beberapa kali melantunkan ayat itu hingga selesai.

Setelah dua detik sempat nge-blank sebentar, lalu gw pun bertanya dalam hati, "Apa sih sebenernya arti dari penggalan ayat itu? Kenapa gw selalu refleks menggumamkan ayat itu setiap lagi ga tenang? Kok gw ga pernah mencari tahu ya?"

Lalu gw pun mencari Al-Quran dan membuka surat Al-Baqarah ayat 286. Ternyata, arti dari penggalan ayat itu adalah :
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya..
Dan hal itu dengan sukses membuat air mata gw menetes lagi untuk kesekian kalinya dalam dua bulan terakhir.

Setelah air mata ini berhenti mengalir, gw mencoba untuk tetap ber-positive thinking. Hal yang berhasil gw simpulkan adalah :
Berarti Allah yakin gw sanggup menjalani hal ini, bukan hanya sekedar melewati.
Dalam kamus ala gw, 'sanggup' itu berada di atas 'bisa'.

Ayo Dila semangat!!
Allah aja percaya lu sanggup
Runis aja percaya kalo lu mampu
Ndu juga percaya
Bram optimis banget

Ayo tunjukkan, kalo lu memang sanggup!!

Yaa Allah..
Maafkan aku yang terlalu banyak meminta
Aku memohon dengan sangat agar dapat menjalani ini dengan baik
Dan memperoleh hasil yang sesuai dengan keinginanku

Yaa Allah..
Maafkan aku yang terlalu banyak meminta
Aku percaya
Engkau Maha Penepat Janji

4 komentar:

runnis mengatakan...

semangat dila,
lo tau kan?
semua temen-temen lo mendoakan lo
gw tau lo kuat
bagi-bagi pengalaman melihat bintang di sana ya
gw tau dila kuat
insyaallah, allah tau usaha dila
dan pasti ngebales semuanya

Dhieel mengatakan...

makasih runniiiiiis :)

snowyautumn mengatakan...

semangat kawan :D
semoga Allah memudahkanmu

Dhieel mengatakan...

makasif fitria :)