Minggu, 25 Juli 2010

Belajar dari Matahari, Bulan, dan Antares

Ayo kita belajar!
Belajar ga harus dari buku aja kan?

Selama beberapa bulan belajar astro dengan cukup intensif, gw menemukan 3 buah objek yang senantiasa membuat gw bergumam "Subhanallah..". Sebenernya hampir semua objek dalam astronomi tuh amazing, tapi 3 benda ini tuh yang paling amazing menurut gw, dan gw bisa belajar banyak hal dari 3 objek ini..


Matahari

Apa sih hebatnya Matahari?

Matahari tuh cuma bintang berukuran 'kecil' dan suhunya 'dingin'. Diameter Matahari tuh 'cuma' 1,4 juta km. Suhunya permukaan Matahari 'cuma' sekitar 5500 K bandingkan dengan bintang-bintang yang berwarna biru bukan Ndu yang suhu permukaannya bisa mencapai 30.000 K. Massanya 1,99 x 10^30 kg. Kalo diibaratkan jadi manusia, Matahari tuh tergolong masih remaja, umurnya baru 4,5 miliar tahun.

Lalu, apa hal yang membuat Matahari begitu hebat di mata gw?

Matahari adalah bintang terdekat dari Bumi, 'cuma' 150 juta km. Cahayanya 'cuma' butuh waktu 8 menit 20 detik buat mencapai bumi. Tanpa Matahari yang terus ber-fusi di intinya, ga bakal ada kehidupan di Bumi ini.


Bulan

Emangnya Bulan kenapa?

Bulan adalah satelit alami Bumi yang mengorbit pada jarak 384.000 km.

Apa yang bikin Bulan jadi 'wah..' di mata gw?

Walaupun bulan ga memancarkan cahaya sendiri, tapi dia baik hati, di mau memantulkan cahaya Matahari buat kita di Bumi biar bisa melihat dengan jelas pada malam hari.


Antares

Apaan tuh?

Meskipun suhu permukaannya lebih dingin dari Matahari, yaitu sekitar 3000 K, Antares adalah bintang paling terang (alpha) pada konstelasi Scorpio [Alpha Scorpii].

Jaraknya dari bumi sekitar 400 tahun cahaya. Padahal dalam 1 detik, cahaya sudah menempuh jarak 300.000 km. Dengan kata lain, cahaya Antares yang sekarang terlihat adalah cahayanya pada zaman Perang Diponegoro *penting pan?*

Walaupun jaraknya jauh banget dari Bumi, tapi Antares adalah Bintang ke-16 paling terang di langit.

Kok bisa?

Tadi udah gw tulis bahwa jarak Bumi-Matahari tuh 150 juta km, sedangkan jari-jari Antares tuh dua kali kipat jarak Bumi-Matahari, 300 juta km. Dengan jari-jari sebesar itu, Antares menjadi bintang paling terang ke-16 di langit malam.

Masih ada satu hal lagi yang membuat gw banget-banget suka sama Antares. Meskipun gw belum pernah belajar tentang anatomi kalajengking, tapi gw perkirakan, dalam konstelasi Scorpio, Antares terletak pada jantung Scorpio.
Subhanallah..


Saya hanyalah salah satu dari orang-orang,
tapi saya adalah seseorang.
Saya tidak dapat melakukan segala sesuatu,
tapi saya dapat mengerjakan sesuatu.
.Dwight L. Moody.



Mohon maaf kalo terdapat kesalahan pada data, karena post ini dikerjakan tanpa literatur, hanya bermodalkan daya ingat gw yang rada mepet.

1 komentar:

sadobleach mengatakan...

PERTAMAX..
cool..