Selasa, 19 Juni 2012

Kosa Kata Meng-Indonesia yang Ternyata Dipopulerkan di Smansa

SMA Negeri 1 Bogor
Kotak sabun gw, haha, terlalu banya cerita deh..

Beberapa hari lalu gw baru tau bahwa tenyata makin banyak aja kosa kata yang telah menasional ternyata berasal atau dipopulerkan dari Smansa. Mulai dari yang beres sampai yang rada ajaib.

Ini gw punya sedikit list-nya, beserta pemaparannya sesuai dengan info yang gw peroleh selama di Smansa. Kalo mau komen sangat dipersilakan. Maaf-maaf aja nih sebelumnya kalo ada yang tersinggung, namanya juga opini.

Mentoring
Kalau kata Teh Arum, kata 'mentoring' ini berasal dari Smansa. Memang sih sekarang ini hampir semua sekolah udah mengenal kata ini. Tapi perlu digarisbawahi bahwa Smansa sudah memakai kata ini sejak jaman entah kapan tau. Lupa persisnya kapan, antara tahun 90an awal deh kalo ga salah, semenjak dakwah sekolah mulai dikibarkan lah.

Rempong
Sepertinya belum terlalu mendunia. Tapi ini mah kayaknya adik kelas gw yang bikin deh, namanya Atika Almira dan Linea Alfa Arina. Mereka bikin kosa kata ajaib ini saat gw kelas XII, berarti antara tahun 2010 akhir atau 2011 awal. Bahkan gw masih inget detail gw pertama kali mendengar kata ini, yaitu saat sedang ngobrol-ngobrol bareng Arin dan Tika..
Tika : *mengucapkan kata 'Tika sedang rempong Obsbang' saat sedang ngobrol*
Gw : 'Rempong' apaan?
Arin : Kosa kata baru, Teh. Tika yang bikinnya..
Gw : Artinya?
Tika : Kalo Teteh lagi serba ribet dan riweuh, nah itu tuh namanya rempong, Teh..

Bagi anak Smansa, khususnya angkatan Tika. Pasti tau lah Tika jadi apa di salah satu organisasi besar Smansa, dan pasti tau banget lah amanah itu bisa jadi nominasi amanah tergila di tiap masa kepengurusannya. Yaaa, jadi pasti bisa bayangin deh gimana riweuh dan ribetnya seorang Atika Almira.

Jadi, aing kudu salto?
Ini gw baru tau saat tanggal 17 Juni 2012 dari A' Adizul bahwa ternyata kosa kata absurd ini berasal dari Smansa. Entah siapa yang bikin. Uniknya, gw pertama kali tau kosa kata ajaib ini adalah dari temen Omda dari temen sekamar gw yang asal Probolinggo. Sekarang bisa dilihat, kosa kata ini udah mulai ada di tipi-tipi Indonesia, meskipun telah mengalami naturalisasi menggunakan bahasa Indonesia seperti "jadi, gw harus salto?"

Galau
Ini nih yang paling fenomenal. Sebenernya kata 'galau' ini ada di salah satu arti dari ayat Al-Quran, tapi gw lupa persisnya surat apa dan ayat berapa.

Alkisah ada salah seorang temen di angkatan gw yang bernama Ahmad Husein Alkaff beliau biasa dipanggil Uceng. Gw yakin bahwa Ahmad Husein Alkaff ini adalah pemopuler kata 'galau' di Indonesia.

Kalo ga percaya bahwa Uceng ini adalah pemopulernya, silakan search aja di eyang Google tentang 'galau', maka artikel-artikel terkait akan muncul dengan tanggal publish yang berkisaran di tahun 2012, atau paling sakti di pertengahan tahun 2011 lah. Tapi kenyataan yang sebenarnya adalah Uceng udah gembar-gembor bikin status yang memuat konten 'galau' semenjak jaman gw kelas XI atau lebih tepatnya tahun 2010 awal.

Anak Smansa angkatan gw yang temenan di FB atau follow twitter Uceng pasti tau masa-masa di mana timeline twitter dan home FB selalu penuh dengan galauan Uceng. Kehidupan Uceng kala itu adalah dia mem-publish suatu status galau di plurk, apesnya plurk dia itu langsung terkoneksi ke FB dan twitter. Jadinya ya begitulah. Udah mah dia bisa bikin lebih dari 10 status perhari. Malah kalo ga salah dia pernah bikin hashtag #ucheggalau untuk tiap status galaunya.

Bahkan, kalau ada yang niat nanya ke anak Smansa angkatan gw, mungkin bisa terjadi percakapan kayak gini..
Seseorang : Eh, kenal Uceng ga?
Anak Smansa angkatan gw hampir bakal dapat dipastikan menjawab dengan..
"Uceng mana? Uceng galau?"

Bahkan, saat gw udah lulus Smansa dan main ke NF, ada salah seorang guru NF yang ngajak gw ngobrol..
Mas PW : Eh, ada Fadila, masa kemaren saya nonton D*hsy*t, katanya kata-kata 'galau' berasal dari D*hsy*t. Loh bukannya itu si uceng yang bikin? D*hsy*t kan baru pake kata-kata 'galau' akhir-akhir ini aja, Uceng kan udah dari jaman kalian masih SMA.


Nah tuh kaaaaaaaan..
Yaaaa, semoga saja Smansa Bogor terus menjadi pelopor bukan hanya untuk hal-hal ajaib saja, semoga juga untuk hal-hal baik lainnya.

Dedikasi tertinggi post ini untuk Ahmad Husein Alkaff, yang semoga sudah tidak galau lagi.

8 komentar:

Putra Mahendra mengatakan...

Teh Dila baca postingan saya yang ini yaa... SMANSA Give Me News Word
Ada kemiripan juga loh sama postingan di atas. Terutama kata rempongnya itu...

http://estafetmuda.blogspot.com/2011/01/smansa-give-me-new-word.html

.Dila.Dila. mengatakan...

iya siah, hehe :D
namanya juga smansa, hen..

Putra Mahendra mengatakan...

Dan sekarang kata rempong ditujukan buat Jijon dan Fitri (nak DKM) haha

.Dila.Dila. mengatakan...

jijon tuh yang mana sih?
kalo fitri mah fitri parinduri kan ya?

Putra Mahendra mengatakan...

jijon tuh kabid 3 osis cakrawala
anak inkasi kalo tidak salah
Firman Aziz Nugroho

.Dila.Dila. mengatakan...

wuiiiiih, poskoooooo, sembaaaaaaaah

*tiba-tiba uceng-amir dateng dan bilang "dil, ga boleh sembah-sembah"

Putra Mahendra mengatakan...

Ahaha kuciwa, salah deng
mustinya kabid 1 OSIS
entah kenapa jadi ngetiknya kabid 3
klo kabid 3 mah Nabiel

oh kabid 3 tuh posko toh

.Dila.Dila. mengatakan...

ooooooooooooh..
iya, kabid 3 tuh POSKO..

*nanti saya coba cari tau orangnya