Selasa, 21 Agustus 2012

Tertampar Bolak-balik

Suasana Idul Fitri tahun ini membuat gue sedikit lebih beres. Setidaknya dalam beberapa hari ini gue berhasil merenungi beberapa hal secara random, termasuk untuk yang satu ini.

Tentang keluarga.

Seusai membaca buku Kicau Kacau (penulis : Indra Herlambang) yang gue pinjem dari saudara gue, lebih tepatnya di bab mengenai keluarga, gue jadi mulai berpikir lebih banyak mengenai keluarga gue selama ini.

Setelah iseng membuka-buka folder di laptop yang berjudul 'Segala Foto-Foto' ternyata sedikit sekali folder yang isinya tentang foto-foto keluarga, baik itu foto liburan atau cuma foto-foto ketemuan hampir tiap minggu doang di rumah nenek. Memang sih mungkin dalam setiap kesempatan foto itu bukan menggunakan kamera dari rumah gue, tapi biasanya akan selalu diupload di FB dan gue sebenarnya bisa saja dengan mudah men-download itu sesuka hati. Tapi apakah gue lakukan? Sepertinya sejauh ini tidak. Padahal untuk acara-acara kampus dan Smansa, gue cukup sering ngambi-ngambilin foto yang bagus-bagus dari album orang di FB.

Lagi-lagi merasa jleb banget, manakala di laptop gue ada dua buah folder dengan size besar berjudul 'Smansa' dan 'IPB' yang di dalamnya ada banyaaaaaaak banget berisi folder-folder lain. Jika ukuran besar-tidaknya sebuah folder berkaitan dengan banyak-tidaknya lu berkontribusi dalam hal tersebut, maka folder 'Keluarga' itu isinya dikit banget. Jadi, apa yang udah pernah gue lakukan selama 19 tahun di keluarga gue ini? Cuma nerjemahin literatur S3 Ibu dalam bahasa Inggris menjadi Bahasa Indonesia dengan kemampuan seadanya? Sangat cetek dan bukan pencapaian yang bisa dibanggakan.

Di samping itu, dengan teramat sadar, gue menyadari bahwa bahkan di blog gue sendiri ga ada label tentang keluarga. Padahal di blog ini ada label tentang Cosmic, Pandawa, Ar-Rahmah, Smansa, IPB, Tribi, dan Madani. Makin tertohoknya adalah bahwa gue bersama lingkungan dengan label-label itu palingan hanya setaun atau dua taun, yaaaaah yang label IPB ini sepertinya bakal awet selama 4 taun. Postingan selewat tahun-tahun yang dialami bersama itu palingan berupa ingatan yang tercecer, atau reuni kecil-kecilan, atau paling gue aja yang sedang kangen dan melankolis. Daaaaaaan, ga ada label tentang keluarga *ieu sakaliiiiiii, Diiiiiiil*.

Sebanyak apapun gue meng-claim aktivitas gue sebagai keluarga entah keberapa, keluarga ini tetap keluarga nomor satu..
Sebanyak apapun gue meng-claim tempat-tempat yang pernah gue singgahi untuk sekedar rapat, sekolah, kuliah, dan mempelajari kehidupan sebagai rumah entah keberapa, tapi rumah dengan keluarga nomor satu gue tetep jadi rumah nomor satu :')


#Tuuuuh kaaaan, bahkan foto keluarga lengkap berempat yang terbaru aja gue ga punya.

Tidak ada komentar: