Rabu, 07 Agustus 2013

Tulisan Rada Bener di Malam Takbiran

"Yang jadi masalah bukan ketika pengumumannya. Tapi yang jadi masalah ketika kita harus mempertanggungjawabkan hasil usaha kita di depan keluarga besar kita tanggal 8 Agustus nanti"
.Mas Piet Wahyu, guru NF.
Itu adalah status salah satu sepupu gue yang tahun ini lulus SMA dan alhamdulillah udah keterima kuliah di Metalurgi UI.

Membaca statusnya, gue jadi mikir *tumben kan gue mikir* bahwa salah satu momen 'pertanggungjawaban' terdekat itu sangat bisa terjadi ketika seluruh keluarga besar bertemu di Hari Raya. Yaaa, wajar sih, udah lama ga ketemu, dan lantas ingin tahu keadaan masing-masing.

Somehow, kadang gue ngerasa risih ditanya-tanya kayak gitu. Somehow, ada aja yang men-judge tanpa tau kondisi kita selama setaun ga ketemu itu kayak gimana, tanpa mau tau kondisi kita selama setaun ga ketemu itu kayak gimana.

Tapi gue menyadari,
Bahwa sejatinya, pertanyaan kakek, nenek, om, tante, kakak sepupu, dan kerabat lainnya ketika bersilaturahmi pada Idul Fitri adalah bentuk kepedulian mereka terhadap kita.
"..udah punya pacar belum?.."
"..malem Minggu udah ada yang ngapelin belum?.."
"..IP semester terakhir berapa?.."
Bahwa sesungguhnya itu tergantung sudut pandang kita memandangnya saja.

Serta celetukan retoris,
"..puasanya pasti ga full nih, ga dapet THR yaa.."
Itu juga masih termasuk kepedulian mereka kepada kita. Bahwa sesungguhnya itu tergantung sudut pandang kita memandangnya saja.

Jika semisalnya pencapaian kita selama setahun ga ketemu itu ga sekece pencapaian sepupu jauh kita, mungkin ga ada yang mau tau alasan kita di  balik pencapaian kita yang cuma segitu. Beliau-beliau ini cuma mau tahu bahwa selama setahun ga ketemu, tiap orang punya jatah setahun. Tapi hasil pencapaiannya beda.

Kelak di Hari Perhitungan, juga ga ada yang mau tau kita punya jatah umur berapa. Yang mau tau cuma satu, dipake untuk apa aja jatah umur yang dikasih itu. Just it.

Bahwa segala penyikapan itu sesungguhnya tergantung sudut pandang kita memandangnya saja.

Tidak ada komentar: