Sabtu, 28 Juni 2014

I'm a Five Days Worker [Introduction]

Selama liburan semester 6 ini, sebanyak 3 dari 4 departemen di Fateta sedang melaksanakan Praktik Lapangan (atau biasa disingkat PL) yang merupakan mata kuliah wajib. Untuk satu departemen lain, PL bukan merupakan mata kuliah wajib sih, jadi ada yang ikut tapi banyakan yang enggak. Gue sendiri PL di salah satu pabrik susu di Indonesia (disamarkan biar ga dikepoin). Gue mau bikin sequel PL di blog ini dengan judul "I'm a Five Days Worker".

Gue sebenernya meng-apply PL untuk topik lingkungan dan pengolahan limbah cair gitu secara susu kan pasti banyak limbah berupa air hasil penguapan dari susu sapi segar hingga jadi susu bubuk, tapi ternyata  beda lokasi pabrik dengan yang ingin gue datangi. Akhirnya gue mengambil topik kemasan dan RnD.

Karena gue di RnD, selama PL yang padahal baru seminggu ini gue berasa banget me-review sangat banyak mata kuliah gue selama 4 semester di TIN. Seminggu pertama PL ini, gue membaca manual mengenai segala atribut produksi, mulai dari BOM (bill of material *eh iya kan ya singkatannya itu?*, kebutuhan bahan baku), spesifikasi material kemasan dan atributnya (beserta gambar isometri mengenai ukuran dan itu dibikinnya pake autocad -___-), optimasi, FOS-GOS (materi UAS semester 6 kemaren yang gue gatau ngisi apa di lembar jawab ujiannya), Arachidonic acid *ini juga ga ngerti gue pas UAS ngisi apa di lembar jawaban ujian*, laktosa, galaktosa, ribbon mixer, conveyor, shelf life, double seam, three pieces can, dan banyak hal lainnya.

Waktu-waktu kosong gue akan penuh secara sendirinya dengan organoleptik susu bayi dan susu bumil sampai kembung.
Hehe.

Satu hal yang sangat gue rindukan selama PL ini adalah wifi. Gue yang hari-hari biasa aktivitasnya berada di antara kampus dan rumah hampir dapat dipastikan terpapar wifi kampus dan wifi rumah. Selama PL ini gue tinggal di tempat tante gue, 20 menit dari factory (perusahaan ini umum menyebut pabrik dengan sebutan factory), dan ga ada wifi. Wifi kayaknya udah jadi sejenis kebutuhan tersendiri buat gue di samping sandang, pangan, papan, dan colokan. Sekarang gue sepertinya mengerti mengapa teman-teman TIN 48 pada hobi main ke rumah gue, selain karena ada makanan mungkin juga karena ada wifi.

Gue akan sangat menunggu hari Jumat sore karena gue akan pulang, horeeeeeeee. Bahkan saking gue antusias menunggu hari Jumat, gue sempat di-bully oleh 2 orang teman TIN gue yang juga PL di tempat yang sama dengan gue,
"Iya deh, Jumat kan lu ulang taun"
Yaampun, gue aja malah ga inget gue ulang taun hari Jumat. Haha.

Tapi selepas Ramadhan, Ibu ga mau menjemput gue tiap Jumat. Gue baru akan pulang hari Sabtu atau minggu, barengan sama tante gue yang biasanya ke Bogor, ke tempat nenek gue. Niat Ibu gue ga menjemput gue tiap Jumat sebenarnya mulia, beliau pengen gue sehat. Di kompleks rumah tante gue ini ada kolam renang dan maksud dari gue ga dijemput hari Jumat adalah biar gue renang tiap Sabtu pagi. Lumayan lah ya. Ini kelar PL gue bisa kerja di factory susu atau minimal jadi atlet renang di OMI.

Karena gue mungkin akan pulang di weekend, maka sequel alay ini sepertinya hanya akan terbit tiap weekend. Hehe.

Tidak ada komentar: