Sabtu, 23 Agustus 2014

I'm a Five Days Worker [Ke Depannya]

Sejujurnya gue masih galau ke depannya mau jadi apa. Apakah akan jadi dosen? Jadi pengusaha? Atau pegawai swasta? Yang jelas, gue akan tetap membesarkan anak gue sebaik mungkin.

Ada banyak hal yang membuat gue benar-benar serius memikirkan hal ini. Salah satu ceritanya, beberapa waktu sebelum gue berangkat PL itu ada seorang kerabat yang berpulang ke rahmatullah. Beliau adalah bapak dengan seorang istri dan tiga orang anak. Sang istri itu dahulu berasal dari keluarga yang keadaan ekonominya menengah ke atas dan setelah menikahpun keadaan ekonomi keluarganya baik-baik saja (meski tidak semapan ketika bersama orang tuanya dahulu) sehingga sang istri belum pernah bekerja apapun sebelumnya.

Hal yang menjadi bahan pemikiran gue adalah kelak sang istri itu akan menafkahi keluarganya seperti apa? Beliau belum pernah bekerja apapun sebelumnya karena kehidupan yang ramah kepadanya dahulu memungkinkannya untuk tidak perlu bekerja.

Itu membuat gue merasa perlu bekerja selepas S1. Prepare for the worst. Setidaknya gue punya modal pernah bekerja. Gue yang dibentuk sebagai anak pertama, yang hampir ga bi[a]sa bergantung pada siapapun, membuat gue selalu terlalu perfeksionis untuk banyak hal, termasuk kehidupan di masa depan. Terlepas dari kelak gue akan diizinkan bekerja oleh suami gue atau enggak.

Di samping itu, selama PL ini gue sering mengobrol dengan orang HR dan terdapat sebuah dilema untuk meng-hire seorang lulusan S2 yang belum memiliki pengalaman bekerja sebelumnya. Di satu sisi ada standard gaji minimal yang berbeda antara seorang freshgrad S1 dan seorang lulusan S2, di sisi lain sang lulusan S2 tersebut belum memiliki pengalaman bekerja apapun sehingga kinerjanya belum diketahui.

Jadi rencana gue ke depannya adalah gue akan lulus S1 TIN tahun depan *aamiin* *terlepas mau ke KM atau enggak #eh*, lalu dilanjutkan dengan bekerja selama 1 hingga 2 tahun. Selanjutnya gue akan kuliah S2 selama 2 tahun. Tidak masalah ketika gue harus resign dari pekerjaan gue untuk kuliah S2. Ini semata-mata gue lakukan untuk 'menenangkan diri' akan kemungkinan yang mungkin terjadi di masa depan. Setidaknya gue punya bekal, juga masih punya waktu ekstra 4 tahun untuk benar-benar memantapkan gue sebenarnya mau jadi apa.

Semisal gue akhirnya jadi dosen, waktu gue terbuang 2 tahun karena sempat kerja dulu. It's okay. Mungkin justru someday gue bisa share ke mahasiswa gue tentang pengalaman ketika gue kerja. Semisal gue ga jadi dosen, ga pernah ada yang salah dengan mencari ilmu kan? Kalau kata Rasulullah mah,
Siapa saja yang melangkahkan kakinya guna menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan langkahnya menuju surga.
Surga kok imbalannya..
:)

Trus nikahnya kapan, Dil? *ini pertanyaan favorit temen-temen Smansa gue ketika ngumpul*
Hari sabtu,
Atau enggak Minggu.
Soalnya kalau weekdays ribet.
*itu jawaban yang gue lontarkan sambil nyengir*

Nikahnya Insya Allah di salah satu hari Sabtu/Minggu dalam rentang 5 tahun ke depan.
:)

Gue sadar,
Seringkali gue memang harus diciprati air dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk berenang.
Seringkali gue memang harus dicemplungin dulu sebelum akhirnya memutuskan untuk menyelam.
Seringkali gue memang harus dipaksa dulu sebelum akhirnya melakukan sesuatu.
Seringkali gue memang harus ditawarkan dulu sebelum akhirnya memilih.
Seringkali gue memang lebih memilih untuk dipilihkan sebelum akhirnya benar-benar mengerjakan hal yang dipilihkan itu.

Kalau ada yang berkata gue ga bisa nolak, gue rasa itu ada (banyak) benarnya.

Kalau ada yang berkata gue ga bisa milih, itu salah..
Actually pilihan besar gue ada tiga,
Menjadi sebaik-baik manusia,
Menjadi sebaik-baik perhiasan dunia, dan
Menjadi sebaik-baik madrasah

Sehingga pada akhirnya, pilihan apapun yang diberikan dan tawaran apapun yang diajukan, kemungkinan besar akan gue iya-kan selama tidak melenceng dari 3 pilihan besar gue itu.

Termasuk untuk pilihan kali ini. Gue rasa seluruh alternatif keputusan gue di atas tidak melenceng dari ketiga tujuan besar hidup gue.

Semoga segera ditunjukkan jalan.
:)
#SalamGalau

Tidak ada komentar: