Senin, 28 Desember 2015

Peta

Suatu hari di masa yang lampau, kau pernah menunjukkan padaku sebuah peta. Peta rencana perjalananmu, lengkap dengan peristirahatan-peristirahatan selama perjalanan. Bahkan mungkin kamu tak sadar pernah memberikan salinannya padaku.

Seseorang pernah berkata bahwa orang-orang dengan tujuan yang sama akan bertemu di perjalanan. Maka dari itu aku mencoba menelusuri jejakmu, mengikuti rutemu.

Namun aku tak kunjung menemukanmu.
Apakah kamu sudah jauh di depan?
Ataukah masih tertinggal di belakang?
Tapi rasa-rasanya aku sudah menjadwalkan perjalananku agar sesuai dengan jadwalmu.

Tak kunjung menemukanmu,
Hingga akhirnya aku mulai menikmati rute ini,
Rute ini indah.

Pemandangannya indah,
Lokasi persinggahannya indah,
Tempat-tempat yang dijadikan titik peristirahatannya indah,
Pilihan jalan di tiap-tiap persimpangannya juga indah.

Hingga akhirnya aku menikmati rute ini,
Lalu sedikit banyak mengubah petaku,
Menyisipkan beberapa lokasi peristirahatan yang sama dengan peristirahatanmu,
Menjadwalkan singgah di tempat-tempat persinggahanmu,
Dan mencatut beberapa pilihan jalan yang kau pilih.

Meski pada akhirnya aku menikmati rute ini,
Tapi,
Mengharapkan berpapasan denganmu,
Masih boleh kah?

Atau sesungguhnya ada orang-orang yang memang ditakdirkan untuk tidak pernah bertemu,
Meski melalui jalan yang sama?

Tidak ada komentar: