Selasa, 26 Januari 2016

#MatahariAkar [Buah Kaki]

Kalau di Indonesia kita punya istilah 'buah tangan', di Jepang ini ada yang namanya buah kaki. Buahnya tentu saja ga berbentuk kaki. 'Kaki' di sini adalah nama lokal. Nama ilmiah buah ini adalah Dyspiros kaki. Di dalam bahasa Inggris sih namanya 'persimmon'. Adapun dalam bahasa Indonesia namanya adalah..
..
..
..
..
..kesemek

((KESEMEK))

Suer gue baru tau
-____-

Kaki

Kaki juga, umumumumumu :3

Buah kaki ini adalah buah khas tiap Aki --Autumn--. Cucok buoook~ Kaki dan aki. Mungkin mereka memang jodoh..
*seketika baper*

Seumur hidup di Indonesia, gue belum pernah makan kesemek. Pertama kali makan kesemek ya di sini dan itupun dengan judul yang bukan kesemek.

Rasanya?
ENAK!!

Awalnya gue makan buah kaki ya dikupas kulitnya lalu dimakan gitu aja hingga pada suatu kelas bahasa Jepang gue mengikuti activity class yaitu mewawancarai sensei yang ada di ruang guru mengenai sarapan ga tadi pagi? Kalau iya, sarapan apa?

Salah satu sensei yang gue wawancarai menjawab,
[かき と ヨグルト たべました ]
"Kaki to yoguruto tabemashita"
Sarapan buah kaki dan yoghurt, brooo.
Besok paginya langsung gue coba. Yuhuuuu~
Kaki to yoguruto

Berhubung makanan bagi gue hanya ada dua katagori yaitu 'enak' dan 'enak banget', buah kaki dan yoghurt ini rasanya enak banget. Meskipun yah sarapan sepiring buah kaki itu bagi gue cuma serasa ngotorin gigi.

Ternyata eh ternyata, buah kaki ini katanya ada beberapa varietas. Buah kaki yang dimakannya seperti yang gue lakukan adalah buah kaki yang katanya varietas manis. Ada juga buah kaki yang katanya varietas agak kurang manis. Yang agak kurang manis ini lebih unik. Setelah dipetik dari pohonnya, bagian pangkal buah kaki ini biasanya diikat menggunakan tali dan digantung di jemuran. Sensei Nihongo gue waktu les di UPT Bahasa IPB bahkan pernah cerita bahwa beliau menyebut kaki sebagai 'buah jemuran'.
Buah jemuran

Setelah dijemur hingga kering, buah kaki ini dikasih gula bubuk putih dan siap dimakan. Yang ini rasanya enak banget banget.
Dried kaki
Kalau ada yang berkesempatan main ke Jepang ketika Autumn, buah kaki ini recommended untuk dicoba.
:)

Tidak ada komentar: